Program

Advokasi Anggaran, Sebuah Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Citizen Budget

Pada awalnya BIGS bekerjasama dengan The International Budget Partnership (IBP) menyusun Open Budget Index untuk Indonesia.  Ternyata, indeks keterbukaan anggaran Indonesia masih jauh dari harapan dan menempatkan negara ini pada urutan bawah dalam peringkat transparansi anggaran dunia.  Hal ini menunjukkan masih rendahnya transparansi dan akuntabilitas anggaran di Indonesia.

Hal menarik yang kemudian dapat dicermati dari laporan Open Budget Index adalah negara-negara yang memiliki indeks tinggi dan berada di peringkat atas, pada umumnya adalah negara-negara yang memiliki instrumen yang tidak dimiliki oleh negara-negara di peringkat bawah dalam pengelolaan anggarannya.  Instrumen tersebut bernama citizen budget. Ada indikasi kuat, Citizen Budget dapat mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas anggaran, khususnya anggaran-anggaran yang berkaitan langsung dengan kepentingan publik.

Berangkat dari pemikiran itu, BIGS membuat sebuah program kerja yang diharapkan dapat menjadi permulaan bagi lahirnya Citizen Budget Indonesia, karena BIGS percaya, bagaimanapun para pengelola negara memiliki tanggung jawab memberikan informasi seluas-luasnya mengenai anggaran pembangunan yang dibuatnya, khususnya anggaran-anggaran menyangkut kepentingan publik.  Program kegiatan ini diberi titel : Advokasi Promosi Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran di Indonesia.

Dua  tujuan besar yang ingin diraih melalui pelaksanaan program ini.  Pertama, memajukan transparansi dan akuntabilitas anggaran pada level nasional.  Kedua, mencari pemahaman kebutuhan atas Citizen Budget melalui advokasi publik.

Tujuan pertama dapat diraih melalui kerjasama diantara IBP, koalisi organisasi kemasyarakatan dan pemerintah Indonesia.  BIGS mencoba untuk memfasilitasi berbagai kegiatan yang dapat mendorong kerja advokasi atas keterbukaan akses anggaran.  Kerja advokasi ini akan didasarkan pada kegiatan forum diskusi kelompok terarah (FGD) yang melibatkan pihak-pihak berkompeten.

Tujuan kedua dapat diraih melalui penguatan kesepahaman diantara ormas-ormas sehingga lahir koalisi organisasi kemasyarakatan.  Koalisi yang terbentuk kemudian melakukan dialog-dialog intensif dengan pihak parlemen dan pemerintahan yakni Bappenas dan Departemen Keuangan.  Langkah ini diharapkan dapat mendorong lahirnya Citizen Budget Indonesia.

Pada tahap awal, BIGS  mencoba membuat model prototipe Citizen Budget Indonesia untuk tahun anggaran 2010 yang diharapkan dapat menjadi acuan dasar bagi pemerintah Indonesia melalui Departemen Keuangan dalam pembuatan Citizen Budget Indonesia di tahun-tahun mendatang.

This post is also available in: English

About BIGS

BIGS mendorong dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur melalui proses penguatan masyarakat sipil, pengembangan demokrasi, dan pengembangan institusi pemerintahan yang transparan, partisipatif dan akuntabel.