Berita

Audiensi Bigs dengan DPRD Kab. Bandung Barat

Dorong Perhatian Pemerintah Daerah kepada Madrasah

audiensi-bigs-2014Pada hari Kamis, 30 Oktober 2014 bertempat di Ruang Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Bandung Barat Bandung Institute of Governance Studies (BIGS) melakukan audiensi dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat. Audiensi ini merupakan langkah yang dilakukan BIGS dalam menyampaikan hasil riset yang telah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut. Audiensi tersebut diterima oleh Pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat, tampak hadir juga perwakilan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, dan perwakilan guru madrasah Tsanawiyah.

Atnan Nur, peneliti BIGS dalam paparannya mengatakan bahwa hasil riset ini perlu disampaikan kepada para pemangku kepentingan di antaranya DPRD. Temuan-temuan dalam riset terkait dengan Madrasah Tsanwiyah di Kabupaten Bandung Barat yang perlu menjadi tanggungjawab bersama di antaranya; sarana dan prasarana yang kurang memadai serta layanan guru belum maksimal. Hal penting lainnya adalah minimnya perhatian pemerintah daerah terhadap madrasah.

Untuk itu BIGS memberikan rekomendasi yaitu perlu adanya perhatian pemerintah daerah dalam hal penganggaran kepada madrasah, sehingga tidak ada anggapan bahwa madrasah dalam hal ini madrasah swasta merupakan tanggungjawab Kementerian Agama semata yang bersifat vertikal. DPRD perlu mengawal dana kewilayahan per kecamatan agar dialokasikan juga untuk madrasah. Hal itu cukup berasalan karena banyak generasi di Kabupaten Bandung Barat yang mengeyam pendidikan di madrasah dan hal tersebut menunjukkan bahwa madrasah memiliki peran penting dalam membangun dan mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan berakhlak mulia.

Ketua Komisi IV DPRD memberikan apresiasi kepada BIGS yang sudah melakukan riset madrasah di Kabupaten Bandung Barat. Hasil riset ini akan menjadi pegangan bagi Komisi IV dalam melakukan progres kerjanya sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsinya Komisi IV. Dalam kesempatan itu pula, ketua komisi IV beserta anggota akan melakukan penguatan anggaran bagi pendidikan madrasah terutama madrasah swasta, dan melakukan sinkronisasi antara Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama di Kabupaten Bandung Barat.

Dadan Saepudin Sekretaris Umum Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia Kabupaten Bandung Barat memberikan tanggapan yang positif terkait dengan temuan-temuan hasil riset yang dilakukan oleh BIGS terutama dalam menyikapi kualifikasi pendidikan guru yang tidak sesuai dengan pelajaran yang diampunya. PGM Kabupaten Bandung Barat sebagai organisasi profesi guru yang ada di madrasah berkomitmen akan melakukan berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru madrasah.

This post is also available in: English

About BIGS

BIGS mendorong dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur melalui proses penguatan masyarakat sipil, pengembangan demokrasi, dan pengembangan institusi pemerintahan yang transparan, partisipatif dan akuntabel.