Berita

BIGS Berpartisipasi dalam Open Goverment Partnership (OGP) di Nusa Dua Bali

Indonesia menjadi tuan rumah pada pelaksanaan OGP Asia Pacific Regional tahun 2014. OGP kali ini dilaksanakan di Nusa Dua Bali yang berlangsung pada tanggal 6 – 7 Mei 2014. Forum ini dihadiri oleh 650 delegasi yang merupakan perwakilan dari pemerintah, anggota parlemen, aparat penegak hukum, CSO, Organisasi Pemuda, Organisasi Swasta, Media, dan Lembaga Internasional yang berasal dari 50 negara di Asia Pasific.

CSO yang hadir dalam OGP kali sebanyak 142 yang berasal dari 31 negara Asia Pasific, termaksud di dalamnya Bandung Institute of Governance Studies (BIGS). OGP kali ini mengambil tema “Unlocking Innovative Openness : Impetus to Greater Citizen Engagement”.

Acara OGP diawali dengan pertemuan CSO. Acara ini berlangsung pada tanggal 4 – 5 Mei yang berlangsung di Hotel Mercure Nusa Dua Bali. Pada tanggal 4 Mei 2014 berlangsung Civil Society Day. Terdapat tiga isu utama yang dibahas dalam Civil Society Day, yaitu (1) Promotion and Protection of The Civic Space, (2) Advocating Governance Issues in Post-2015, dan (3) Improving Membership Compliance to Values and Country Mechanism in OGP Governance.

Pada tanggal 5 Mei 2014 berlangsung Market Place, dimana masing-masing CSO diberi kesempatan untuk mempromosikan organisasinya. Karena keterbatasan waktu, panitia hanya memberi kesempatan kepada 25 CSO, salah satunya Bandung Institut of Governance Studies. Dalam presentasinya BIGS memaparkan tentang strategi, fokus, dan wilayah kerjanya. BIGS juga mengemukakan tentang beberapa tools yang tengah dikembangkan dalam kerja-kerja nya yaitu PETS, CRC, Audit Sosial dan Mystery Shopping.

Conference yang berlangsung selama dua hari (6 – 7 Mei 2014) pada intinya ingin menegaskan bahwa reformasi pemerintah tidak diusahakan sendiri oleh satu negara tetapi menjadi agenda bersama. Partisipasi publik perlu didorong karena itu bukan hal yang menakutkan tetapi bisa menjadi inspirasi dan inovasi dalam pelayanan publik bukan satu hal yang mahal tetapi dapat dijangkau.

This post is also available in: English

About BIGS

BIGS mendorong dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur melalui proses penguatan masyarakat sipil, pengembangan demokrasi, dan pengembangan institusi pemerintahan yang transparan, partisipatif dan akuntabel.