Tentang Kami

BIGS mendorong dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur melalui proses penguatan masyarakat sipil, pengembangan demokrasi, dan pengembangan institusi pemerintahan yang transparan, partisipatif dan akuntabel.

VISI

Mengembangkan inovasi, pengetahuan baru, dan rekomendasi kebijakan untuk memastikan munculnya hasil-hasil pembangunan yang berkualitas dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Agar manfaat pembangunan benar-benar sampai, khususnya pada kelompok-kelompok yang selama ini tidak mendapatkan manfaat dari pembangunan, BIGS mendorong terjadinya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat. Kolaborasi yang BIGS dorong adalah kolaborasi yang konstruktif dan memperkuat suara dari kelompok marjinal. Kolaborasi harus konstruktif dan menguntungkan semua pihak, serta berbasis pengetahuan, teknologi, dan inovasi.

AGENDA

Membangun pengetahuan baru yang lebih relevan dengan persoalan kelompok marjinal terkait persoalan pendidikan, kesehatan, lingkungan, hutan, air, infrastruktur, dan maritim.

Melakukan inovasi berbasis teknologi, khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), untuk meningkatkan daya guna dari alat-alat penelitian dan advokasi yang selama ini banyak digunakan oleh NGO dan aktor-aktor pembangunan lainnya, seperti tools analisis anggaran, Public Expenditure Tracking Survey (PETS), Citizen Report Card (CRC), audit sosial, mystery shopper, dan instrumen lainnya.

Membangun dialog dengan para stakeholder dengan memanfaatkan pengetahuan baru dan media-media inovatif untuk memperkuat kolaborasi, khususnya yang dapat membantu penyelesaian persoalan-persoalan dari kelompok marjinal.

JARINGAN DAN PERAN

  • Anggota Global Partner for Social Accountability (GPSA), Bank Dunia.
  • Anggota Financial Transparency Coalition.
  • Anggota Global Integrity untuk penyiapan laporan khusus Indonesia.
  • Anggota tim peneliti Open Budget Index (OBI), International Budget Partnership (IBP).
  • Anggota Working Group Fiscal Openness, Open Government Partnership (OGP).

STRUKTUR ORGANISASI

PEMBINA

PENGURUS

REKANAN