Allianz Indonesia dan Media Perkuat Sinergi Hadapi Tantangan 2025

Berita, Ekonomi6 Dilihat
banner 468x60
banner 468x60

Housekeeping.my.id –


Jakarta, CNN Indonesia

Allianz Indonesia kembali menggelar Malam Apresiasi dan Ramah-Tamah bersama para pemimpin redaksi media nasional sebagai bentuk apresiasi atas peran media dalam meningkatkan literasi finansial masyarakat.

Acara ini menjadi momentum penting dalam memperkuat sinergi antara industri keuangan dan media, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan yang diprediksi akan muncul di tahun 2025.

Untuk pertama kalinya, acara ini menghadirkan tiga entitas Allianz Indonesia secara lengkap, yaitu Allianz Life Indonesia, Allianz Life Syariah Indonesia, dan Allianz Utama Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Turut hadir dalam acara ini adalah Alexander Grenz (Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia), Sunadi (Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia), dan Achmad K. Permana (Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia), serta jajaran senior manajemen Allianz Indonesia. Sekitar 25 pimpinan media papan atas berskala nasional juga menghadiri acara ini.

Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Alexander Grenz mengatakan tahun 2025 diprediksi akan menghadirkan berbagai tantangan, mulai dari ketidakpastian geopolitik dan ekonomi hingga perkembangan risiko kesehatan dan kebutuhan medis. Menurutnya di tengah kondisi yang menantang dan tidak pasti tersebut, literasi keuangan perlu semakin diperkuat.

Media punya peran penting dalam meningkatkan literasi kepada masyarakat akan pentingnya strategi keuangan yang matang. Mulai dari pemahaman dana darurat, risk management melalui asuransi, hingga perencanaan keuangan jangka panjang seperti pensiun.

Allianz Indonesia tidak hanya berperan sebagai penyedia solusi finansial lewat produk yang dihadirkan, namun juga memaksimalkan peran sebagai pendamping edukasi finansial yang dapat menuntun masyarakat memiliki fondasi finansial yang kuat sesuai tahapan prioritas.

“Untuk itu di tahun ini, kami akan bersinergi semakin kuat dengan media untuk saling mendukung proses literasi lewat penyebaran berita yang aktual dan edukatif,” tutur Alexander saat membuka acara Malam Apresiasi.




AllianzMembuka acara Malam Apresiasi untuk media, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Alexander Grenz memberikan sambutan hangat kepada para Pemimpin Redaksi Media dengan menyampaikan semangat ONE Allianz dan strategi Allianz Indonesia di tahun 2025 untuk melindungi masa depan lebih banyak orang. (Foto: Allianz Indonesia).

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024 mencatat bahwa indeks literasi keuangan nasional telah melampaui 65%, di mana indeks literasi asuransi juga turut mengalami peningkatan. Hal ini mengindikasikan bahwa indeks literasi asuransi mengalami pertumbuhan yang baik.

Peningkatan ini menunjukkan peran media yang semakin besar dalam menyebarkan informasi yang kredibel, membangun kepercayaan masyarakat, serta menjaga reputasi industri asuransi di tengah derasnya arus informasi. Peran media itu dapat mendorong minat masyarakat untuk tidak ragu dalam memiliki fondasi perlindungan finansial lewat perlindungan asuransi.

Peranan media dalam mendukung literasi asuransi juga dibuktikan dengan lebih dari 3.500 pemberitaan terkait inisiatif yang dilakukan Allianz Indonesia sepanjang 2024, terutama dalam mengedukasi masyarakat terkait perlindungan finansial lewat asuransi.

Berkat dukungan pemberitaan dari media, Allianz Indonesia mendapatkan Share of Voice (SOV) pemberitaan positif terbanyak di industri asuransi.




Allianz IndonesiaFoto bersama antara ketiga CEO Allianz Indonesia dengan para Pemimpin Redaksi penerima “Top 5 Most Productive Media 2024”. (Foto: dok Allianz Indonesia)

Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Sunadi mengatakan, dengan pendekatan ONE Allianz, Allianz Indonesia akan terus menghadirkan solusi perlindungan finansial bagi masa depan masyarakat yang lebih komprehensif melalui berbagai produk.

Produk-produk Allianz Indonesia seperti asuransi umum (Allianz Utama), asuransi jiwa dan kesehatan (Allianz Life), dan asuransi yang lebih spesifik dan mengutamakan nilai-nilai inklusif pada produk syariah (Allianz Syariah). Produk-produk tersebut akan semakin mendukung keragaman kebutuhan nasabah dengan berbagai latar belakang kultur masyarakat Indonesia.

“Sebagai bagian dari Allianz Indonesia, Allianz Utama senantiasa hadir untuk mendampingi nasabah dengan berinovasi pada perlindungan yang mengikuti perkembangan gaya hidup masyarakat yang terus berkembang,” ujar Sunadi.

“Komitmen ini merupakan bagian dari tujuan kami untuk memastikan terjaganya kualitas hidup masyarakat lewat jaminan perlindungan harta benda yang dimiliki dan minimalisasi kerugian finansial atas risiko dan musibah yang tak terduga,” tambah Sunadi.

Selanjutnya, Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana juga menambahkan, Allianz Syariah yang telah berdiri sebagai entitas mandiri sejak akhir 2023, turut menegaskan komitmennya dalam menghadirkan perlindungan yang berlandaskan nilai-nilai kebaikan.

Dia optimis Allianz Syariah dapat bertumbuh positif dengan menjadi pemimpin pasar asuransi syariah di Indonesia. Allianz Syariah juga bakal terus mengusung semangat kebaikan yang menguatkan dalam memberikan perlindungan kelas dunia berdasarkan lima nilai, yakni Universal, Trustworthy, Security, Fairness, dan Collaborative.

“Allianz Syariah berkomitmen untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia dengan proteksi yang memiliki nilai kebaikan dan memastikan bahwa selama masa hidup atau bahkan hingga akhir hayat, peserta dapat saling menolong satu sama lain dengan berbagi kebaikan,” ujarnya.

Karena itu, acara Malam Apresiasi ini mengangkat tema “Expect The Unexpected”, yang menyoroti pentingnya kesiapan menghadapi berbagai ketidakpastian dalam kehidupan. Allianz Indonesia percaya persiapan dengan perencanaan keuangan yang matang merupakan kunci untuk menghadapi segala kemungkinan dan risiko di masa depan.

Alexander menambahkan, Allianz Indonesia akan terus fokus pada pengembangan inovasi digital dalam layanan asuransi. Selain itu Allianz Indonesia juga menghadirkan pilihan solusi asuransi yang lengkap untuk melindungi masa depan lebih banyak lagi masyarakat Indonesia.

“Dengan komitmen ONE Allianz, kami akan terus mendampingi masyarakat Indonesia,” tutup Alexander.

(ory/ory)



Artikel ini Disadur Dari Berita : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20250207141906-625-1195707/allianz-indonesia-dan-media-perkuat-sinergi-hadapi-tantangan-2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *