Housekeeping.my.id –
Jakarta, CNN Indonesia —
Telkomsel berkolaborasi dengan platform video pendek TikTok untuk mengembangkan solusi data dan API melalui pemanfaatan Telco Verify dan Telco Insight Collaboration.
Kolaborasi tersebut diresmikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman di ajang Mobile World Congress (MWC) 2025 di Barcelona, Spanyol pada Selasa (3/3). Telco Verify dan Telco Insight Collaboration diyakini dapat memberikan pengalaman digital yang aman dan nyaman bagi pengguna TikTok di Indonesia.
Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam menyatakan bahwa kerja sama ini menjadi wujud komitmen Telkomsel dalam menghadirkan layanan yang lebih personal dan relevan bagi pengguna TikTok di Indonesia.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
“Dengan memanfaatkan teknologi canggih, kami optimistis dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman, efisien, dan inovatif lewat keunggulan Telco Verify dan Telco Insight Collaboration,” kata Wong Soon Nam.
Direktur Business Development APAC, TikTok, Vanessa Brown, menambahkan bahwa keamanan dan personalisasi layanan merupakan dua elemen penting bagi pengalaman pengguna TikTok.
“Dengan dukungan dari Telkomsel, kami optimis dapat menghadirkan solusi inovatif yang tidak hanya meningkatkan keamanan akun, tetapi juga memberikan layanan yang lebih relevan bagi komunitas TikTok di Indonesia,” ujarnya.
Adapun salah satu poin utama dalam kerja sama ini adalah eksplorasi Telco Verify, solusi autentikasi berbasis jaringan yang memungkinkan pengguna untuk diautentikasi secara otomatis (silent verification) oleh operator jaringan seluler, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode One-Time Password (OTP).
Penggunaan Telco Verify akan dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja. Dengan keandalan dan efisiensinya, solusi ini tidak hanya mempercepat proses autentikasi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna TikTok.
Selanjutnya, melalui Telco Insight Collaboration, Telkomsel dan TikTok memanfaatkan teknologi Data Cleanroom untuk mengeksplorasi Telco insight guna mengoptimalkan pengalaman pengguna TikTok.
Dengan teknologi Data Cleanroom, kedua pihak dapat melakukan analisis data bersama secara aman dengan tetap menjaga privasi dan kerahasiaan informasi pengguna, karena dilakukan dalam bentuk anonim dan terenkripsi.
Dalam kolaborasi ini, teknologi Data Cleanroom diterapkan untuk pengolahan data yang dilakukan secara terisolasi, tanpa pertukaran atau pengungkapan data antarpihak. Sehingga, kedua perusahaan dapat memastikan kepatuhan terhadap regulasi privasi, sambil tetap mengedepankan perlindungan data pelanggan, sekaligus meningkatkan keamanan dan akurasi dalam analisis informasi.
Kerja sama yang terjalin ini pun sejalan dengan tema MWC 2025, yakni “Enterprise Re-Invented” yang menekankan ketangkasan perusahaan dalam menghadapi konvergensi teknologi krusial, serta upaya menata ulang proses internal dan model bisnis guna mempertahankan keunggulan kompetitif.
Diharapkan, kolaborasi Telkomsel dan TikTok dapat memperkuat posisi Telkomsel sebagai pemimpin dalam solusi digital berbasis telekomunikasi, sekaligus memperkuat komitmen TikTok untuk menghadirkan platform yang lebih aman dan berorientasi pada pengalaman pengguna. Ke depannya, kedua perusahaan masih akan mengeksplorasi potensi kerja sama lebih lanjut demi mendukung ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.
(rir/rea)
Artikel ini Disadur Dari Berita : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20250304165405-625-1205014/telkomsel-dan-tiktok-eksplorasi-telco-verify-telco-insight-di-mwc-2025